Minggu, 29 Maret 2015

Macam-macam PASTA (masakan italia)

Pasta merupakan makanan olahan yang berasal dari Italia. pasta terbuat dari tepung
terigu yaang dicampur dengan air, telur, dan garam yang kemudian membentuk adonan yang
bisa divariasikan bentuk dan ukurannya. Sebelum pasta dikonsumsi, pasta harus dijadikan hidangan dengan cara direbus. Pasta ini juga bisa disebut pengganti nasi jika di Indonesia.



Makanan mirip pasta banyak dijumpai di berbagai tempat di dunia sejak zaman dulu, terutama di wilayah dengan penduduk yang menjadikan gandum dan serealia sebagai makanan utama. Gandum yang sudah digiling sering dimasak sebagai bubur atau dihaluskan menjadi tepung dan dibuat roti. Pasta kemungkinan besar merupakan alternatif dari bubur atau roti, karena pasta merupakan makanan awetan yang dibuat tanpa perlu dimasak



Beberapa pasta yang mungkin sering kita dengar adalah spaghetti dan maccaroni. spageti
adalah jenis pasta yang bentuknya memanjang persis seperti bentuk mie pada umumnya.
Sedangkan maccaroni adalah jenis pasta yang bentuknya seperti pipa yang melengkung, di
indonesia maccaroni sering dibuat bentuk kerupuk yang rasanya gurih dan asin.

      1. Spaghetti



Spaghetti merupakan menu olahan yang wajib ada di menu-menu restoran Itali. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, pasta berbentuk seperti mie pada umumnya. Namun ada pula yang ukurannya lebih tebal. Pasta kering bentuknya dibiarkan memanjang, sedangkan mie yang kita jumpai biasanya, dibentuk persegi panjang agar lebih hemat tempat/wadah. Ada juga jenis pasta yang mirip dengan Kwetiaw yang namanya Linguine. Sedangkan yang pipihnya lebih tebal disebut Fettucine. Makanan olahan dari spaghetti yang sering kita dengar adalah Spaghetti dengan Saos Bolognese. Tapi kali ini, saya akan berbagi menu spaghetti sederhana dengan bahan-bahan yang mudah yang bisa langsung di coba dirumah. :)
Spaghetti Sosis

         2. Farfalle



Farfalle merupakan jenis pasta yang bentuknya seperti dasi kupu-kupu. Pasta jenis ini juga dikembangkan menjadi beberapa pasta jenis baru antara lain,  Farfalle Tonde dan Mini Farfalle. Farfalle tonde ukurannya sama dengan Farfalle. Hanya saja kelopaknya tidak berbentuk runcing, namun berbentuk setengah lingkaran. Sedangkan Mini Farfalle bentuknya sama, hanya ukurannya saja yang lebih kecil. Menu olahan dari Farfalle antara lain adalah

         3. Fusilli


Fusili merupakan salah satu pasta yang bentuknya spiral. Fusili biasanya diolah dengan saus krim dan kacang polong. Selain itu Fusilli juga dapat dihidangkan dengan bahan-bahan lain seperti daging ayam, daging sapi atau sayuran. Selain dijadikan menu pasta, Fusilli juga bisa dijadikan campuran sup atau tumisan sayur, atau bisa juga digoreng kemudian ditambahkan taburan serbuk cabai sebagai cemilan atau sekedar teman nonton drama. pasti seru :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar