Sabtu, 28 Maret 2015

Resep JAJANGMYEON (masakan korea)


JAJANGMYEON atau Mie kacang hitam adalah makanan khas korea yang terkenal. Mie yang disiram dengan saos pasta berwarna hitam ini sering dijumpai di kedai-kedai di korea. Bagi yang sering nonton drama korea, nama Jajangmyeon pasti sudah tidak asing lagi. Karena ketika para pemeran drama sedang melakukan adegan drama, mereka sering kali terlihat makan jajangmyeon atau mie kacang hitam.

Bahan utama dari mie bersaos kacang hitam (black soybean paste) yang lebih terkenal dengan sebutan Jajangmyeon/ jajangmyun ini adalah pasta kacang kedelai berwarna hitam khas korea di sebut Chunjang. Diolah sedemikian rupa bersama daging dan bawang bombay atau bisa juga ditambahkan sayuran lain yang variatif, misalnya lobak korea, squash atau bisa diganti dengan zucchini, terong, tahu dll. Saos yang sudah dimasak dan dibumbui kemudian berubah nama dari Chunjang menjadi Jajang/Jja jang. Lucunya, meski hidangan ini kita kenal dari Korea, tapi sebetulnya di Korea hanya dihidangkan di restoran China. Saos hitam Jajang yang sudah dimasak ini jika disiramkan ke mie disebut Jajangmyeon (jajangmyun), Tapi jika saos jajang tadi disiramkan ke nasi namanya menjadi jajangbap. Perbedaan nama ini terletak pada kata terakhirnya. Myeon untuk mie dan bap untuk nasi.

So, supaya langsung bisa praktek, berikut ini resepnya dengan sedikit modifikasi, tapi dijamin tetep enak dan mirip kayak aslinya. cekidot.....



Bahan Jajangmyeon :
  1. 250 gr Mie Jajang (bisa dibeli di toko asia) atau bisa diganti mie basah yang agak tebal dan lembut.
  2. 200 gr daging sapi.
  3. 1 bawang bombay di iris/rajang kasar.
  4. minyak untuk menumis.
  5. 1/2 lobak Korea ukuran kecil dipotong kotak.
  6. 1 zucchini dipotong kotak.
  7. 1 buah kentang dipotong kotak.
  8. 1 buah Timun dipotong korek api untuk garnish.
  9. Asinan/manisan lobak sebagai sajian pendamping.
Bumbu Jajangmyeon :
  1. 4-6 sdm penuh saos jajang / Chunjang (produknya bisa dibeli di toko Asia ( harus ada ini karea ini saos khas korea))
  2. 1 sdm tepung maizena yang dilarukan dalam air secukupnya (sebagai pengental)
  3. 2 sdt minyak wijen.
  4. 1/2 sdt  lada hitam.
  5. 3 sdt gula (bisa tidak dipakai, tergantung selera).
  6. air/air kaldu sapi.
Cara membuat Jajangmyeon :
  1. Panaskan minyak dalam wajan kecil, tumis chunjang hingga harum, kemudian sisihkan.
  2. Dalam wajan lain, panaskan kembali minyak dan tumis bawang bombay kemudian masukan daging sapi yang sudah dipotong kotak, beri lada hitam kemudian tumis hingga daging matang.
  3. Setelah itu masukan potongan sayuran, tumis sebentar
  4. Masukan chunjang, beri air (bisa diganti air kaldu) secukupnya hingga semua terendam dan masak hingga daging empuk dan sayuran matang. 
  5. Tambahkan chunjang jika kurang asin atau jika diperlukan tambahkan gula sesuai selera (saya pakai sekitar 3-4 sdt). Saya lebih suka gurih pedas dgn menambahkan gula dan merica lebih banyak. 
  6. Setelah rasanya pas, masukan maizena yang sudah dilarutkan kemudian aduk rata hingga saus menjadi kental. Kadang, jika kentangnya sudah empuk sekali maka larutan sudah kental tanpa ditambah pengental lagi. 
  7. Matikan api dan masukan juga 2 sdt minyak wijen, aduk rata, sisihkan.
  8. Sementara itu rebus air dan masak mie. setelah matang, angkat dan cuci mie dengan air dingin supaya mie tidak lengket, sisihkan. Kalau suka bisa diaduk dengan sedikit minyak wijen supaya harum dan mie tidak lengket.
  9. Taruh mie dalam mangkuk (atau bisa juga nasi kalau mau membuat jajangbab) dan siram dengan saus jajang kemudian beri hiasan irisan timun di atasnya. Biasanya disantap dengan irisan asinan/manisan lobak korea.
  10. Aduk rata dan Jajangmyeon siap disantap.
Awalnya daging pada masakan ini adalah daging babi. Berhubung kita ini orang Indonesia yang mayoritas muslim, maka daging tersebut diganti menjadi daging sapi. Biar umat muslim di dunia bisa menyantap masakan jajangmyeon korea ini.
selamat mencoba......................:)



1 komentar: